17 Aug

Meningkatkan Inovasi UMKM Lamongan, Dosen Umla Dampingi Digital Marketing Dan Penyusunan Laporan Keuangan

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Dosen Umla (Universitas Muhammadiyah Lamongan) mendampingi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam bidang bidang digital marketing dan penyusunan laporan keuangan. Kegiatanm ini dilakukan pada UMKM Valeno Wingko yang berdomisili di Perumnas Made Kecamatan Lamongan.

Suryani Yuli Astuti SE MM Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Lamongan mengatakan peningkatkan potensi dan partisipasi aktif UMKM dalam proses pembangunan nasional. Hal ini dalam rangka mewujudkan pemerataan pembangunan melalui perluasan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan.

 

Lanjut dosen Prodi Akuntansi ini berdasarkan hal tersebut, maka perlu adanya upaya untuk memberikan edukasi sebagai solusi alternatif yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja produksi dan pemasaran. Termasuk penyusunan laporan keuangan sehingga para pelaku UMKM dapat mengambil keputusan dalam meningkatkan pendapatan.

Ditambahkan Candidat Doktor di bidang ekonomi ini, UMKM khususnya dibidang makanan dan minuman di Kabupaten Lamongan berkembang pesat. Sehingga pemerintah daerah telah melakukan pembinaan pada UMKM dalam rangka peningkatan pendapatan daerah melaui industri pangan.

Namun jelas Suryani Yuli Astuti, hal ini belum merata. Ini dibuktikan masih adanya pelaku UMKM yang masih belum maksimal dalam usaha berproduksi. Produksi wingko menjadi salah satu industri pangan andalan sebagai penciri yang berkembang pesat di kota Lamongan.

Untuk itu, berbagai inovasi dilakukan melaui berbagai cara diantaranya rasa dan bentuk, namun ternyata belum dibarengi dengan strategi pemasaran dan sistem keuangan UMKM yang baik. Sehingga masih memiliki kendala pemasaran dan penyusunan laporan keuangan. Adanya transfer ilmu dan teknologi bermanfaat bagi masyarakat mitra.

“Kami berharap kegiatan pengabdian dapat memberikan solusi di tengah persoalan yang dihadapi pelaku UMKM,” ungkapnya

Sementara itu, anggota Tim kegiatan Pengabdian Masyarakat Umla Ninik Mas’adah, SE, M Ak menjelaskan salah satu solusi bagi UMKM terutama pengusaha wingko dipandang perlu menaikkan pendapatan. Melalui perluasan pemasaran maka kegiatan pelatihan digital marketing dan pendampingan penyusunan laporan keuangan sangat diperlukan.

Lanjutnya, kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya membantu pemerintah dalam peningkatan pendapatan pada UMKM di Kabupaten Lamongan

Ditambahkan Dosen Prodi Akuntansi Umla ini, kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan Mitra Tim Pengabdian Masyarakat pada UMKM Valeno Wingko yang berdomisili di Perumnas Made tepatnya di Maderejo RT. 02 RW. 10 Desa Made Lamongan.

M. Ali Basyah, SH, MM anggota Tim menambahkan bahwa capaian kegiatan pendampingan digital marketing dan penyusunan laporan keuangan bagi UMKM adalah sebagai mitra dapat menyusun laporan keuangan sederhana yang baik dan benar. Kemudian perluasan jaringan pemasaran melaui media elektronik

Selanjutnya, peningkatan inovasi produk dalam hal bentuk, rasa dan kemasan yang berkelanjutan dan peningkatan pendapatan bagi UMKM

“Wingko Valeno yang sebelumnya menggunakan kemasan wingko plastik mika berlabel. Saat ini telah berinovasi menggunakan kemasan lebih menarik. Menggunakan kardus berbahan bagus ramah lingkungan dengan display menarik dimaksudkan lebih menarik minat beli konsumen melalui kemasan yang lebih ekslusif,” pungkas dosen Prodi Manajemen Umla ini

Reporter Fathurrahim Syuhadi

Related Posts